Tuesday, May 17, 2016

Roasting Kopi Gayo Garasco











Medium  roast


Medium to dark roast

Kategori / profil dari level roasting sangat berpengaruh pada aroma dan cita rasa kopi. ? 

Light Roast, (kategori : Light City, Half City, Cinnamon)
Rasa asam buah kopi lebih terasa, aroma rempah terasa kuat, hampir tidak pahit, terdapat rasa gula sedikit. karakter rasa asli dari getah biji kopi sangat menonjol.
Air seduhan kopi berwarna coklat terang seperti teh pekat. minum kopi dengan sensasi rasa fruity lebih terasa, cocok untuk penikmat kopi lembut

Medium Roast  (kategori : City, American, Breakfast)


Rasa asam buah kopi berkurang, sedikit terasa pahit, rasa getah berkurang, mulai terasa gurih dengan sedikit karamel rasa gula, karakter rasa asli dari kopi mulai lebih terasa.

Air seduhan kopi berwarna coklat gelap. Kopi dengan sensasi rasa fruity dan sedikit pahit. originalitas kopi mulai terasa. Cocok untuk peminum kopi dengan sentuhan ketebalan kopi yang medium. 

Medium-Dark Roast (Kategori : Full City)

Rasa asam lebih tipis, pahit lebih terasa, beraroma rempah gurih dan terasa efek full karamel, rasa getah kopi hilang, kopi lebih berkarakter rasa asli.

Air seduhan kopi berwarna coklat kehitaman. Kopi dengan sensasi rasa sedikit fruity dan pahit. Originalitas kopi terasa kuat. Cocok untuk peminum kopi dengan sentuhan ketebalan dan keseimbangan kopi yang kuat.

Dark Roast  
kategori : Full City High, Continental, New Orleans, European, Espresso, Viennese, Italian, French
Rasa asam hilang sangat tipis, terasa pahit dan beraroma dengan karakter rasa asli kopi hitam kuat, sedikit aroma asap dengan efek rasa smoky. 

Air seduhan kopi berwarna hitam. Minum kopi dengan sensasi rasa fruity sangat tipis dan pahit kuat. Originalitas kopi terasa kuat. Cocok untuk peminum kopi dengan sentuhan ketebalan kopi yang sangat kuat.

Beda mesin roasting, beda pula teknik meroastingnya, patokan bakunya adalah aroma dan rasa akhir setelah di roasting. yang perlu diperhatikan adalah kadar air green bean, jenis biji, ukuran biji, putaran mesin, temperatur awal hingga akhir dan biji roasting mau dipakai untuh cara seduh apa ?

Kalau putaran lambat hasilnya berbeda dengan putaran cepat, Lama roasting dengan pilihan temperatur juga menghasilkan kopi dengan beda aroma dan rasa. Kopi garasco di roasting pada level medium to dark.......intinya : banyak melakukan uji coba...



Share:

0 comments:

Post a Comment

Contact us

bb : 5A844CFD

email :cs@garasco.com

line : @garasco

hp / wa : 081266919001

FB : garascocoffee

twetter : @kopigarasco

instagram : @kopigarasco

path :garasco

website : http://garasco.com

Powered by Blogger.